Semarang, 21 Agustus 2021
Dalam rangka menyambut calon mahasiswa baru, Program Studi Administrasi Kesehatan Universitas Ivet mendatangkan para pakar di bidang administrasi dalam sebuah acara webinar bertajuk Headline Show “Welcoming Class: Sarjana Administrasi Kesehatan (S.Kes) Bisa Kerja di Mana Saja, Sih?”

Webinar yang diselenggarakan pada Sabtu, 21 Agustus 2021 melalui platform Zoom tersebut dihadiri juga oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Bapak DR. Tri Leksono PH, S.Kom., M.Pd. (Kons.), dan Ibu Lindra Anggorowati, S.KM., M.P.H. selaku Kaprodi Administrasi Kesehatan Universitas Ivet, untuk memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

Webinar yang dihadiri oleh mahasiswa dan calon mahasiswa Program Studi Administrasi Kesehatan se-Indonesia itu mengundang ketua Persatuan Institusi Penyelenggara Administrasi Kesehatan (PIPAKI), yaitu Bapak Kukuh Ardian, S.KM., M.P.H., sebagai pembicara pertama dengan membawakan topik “Profil Lulusan, Prospek Kerja, dan Gambaran Kurikulum Sarjana Administrasi Kesehatan (S.Kes.)”.

Sementara itu, sebagai wujud implementasi kerja sama antara Program Studi Administrasi Kesehatan Universitas Ivet dengan PMI Kota Semarang, webinar tersebut juga menghadirkan salah satu pakar di bidang administrasi, yaitu Ibu Ratih Dwi Anggraynie, S.AB., M.Si., yang merupakan Kepala Unit Pelayanan Teknis Diklat PMI Kota Semarang sebagai pemateri kedua dengan membawakan topik “Peran Ilmu Administrasi dalam Mengelola Lembaga/Organisasi Bidang Kesehatan”.

Webinar tersebut direncanakan berlangsung selama satu jam, yaitu dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 11.00 siang. Namun, karena antusias peserta yang luar biasa, acara tersebut baru berakhir pada pukul 11.30 siang.

Dalam webinar tersebut, disampaikan bahwa ilmu administrasi memiliki peranan yang sangat penting di bidang kesehatan. Administrasi tidak hanya berkaitan dengan catat-mencatat, tapi juga memiliki sisi kompleksitas lain, karena berkaitan dengan pengorganisasian, pemeliharaan keuangan, hingga leadership. Peluang kerja sebagai lulusan Administrasi Kesehatan pun sangat besar, karena peran sebagai administrator sangat dibutuhkan oleh banyak instansi baik di pemerintahan maupun swasta, seperti rumah sakit, puskesmas, asuransi kesehatan, dan masih banyak lagi.

Di akhir acara, para pembicara menyampaikan rasa terima kasih kepada Universitas Ivet Semarang, khususnya untuk Program Studi Administrasi Kesehatan, yang telah memberikan kesempatan kepada keduanya untuk berbagi ilmu, dengan penyelenggaraan dan pengorganisasian kegiatan yang baik dan rapi. Selain itu, para peserta webinar juga berharap agar Program Studi Administrasi Kesehatan Universitas Ivet terus mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti ini, agar mereka tetap bisa belajar di luar perkuliahan secara optimal di tengah-tengah pandemi berkepanjangan, meskipun melalui ruang virtual.

Kontributor : Al Dina Yuliyana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.