Mahasiswa Adminkes menjadi relawan penyelenggaraan vaksinasi covid-19

Pada Jumat, 27 Agustus 2021 lalu, Polda Jateng bekerja sama dengan Universitas Ivet Semarang mengadakan program vaksinasi dengan sasaran masyarakat lebih dari 2000 orang. Jenis vaksin yang digunakan adalah Astra Zeneca dosis 1. Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti program vaksinasi tersebut. Hal itu dibuktikan dengan mereka yang datang lebih awal dari waktu yang telah ditentukan.

Program yang dilaksanakan di aula Universitas Ivet Semarang sejak pukul 8 pagi hingga 2 siang tersebut, merupakan salah satu aksi nyata kepedulian terhadap permasalahan kesehatan yang ada di Indonesia, khususnya bagi penanganan Virus Covid-19 yang mewabah sejak bulan Maret tahun 2020 lalu.

Pada kesempatan itu, pihak penyelenggara juga menggandeng mahasiswa dari jurusan kesehatan yang ada di Universitas Ivet untuk berpartisipasi sebagai relawan, tak terkecuali mahasiswa Program Studi Administrasi Kesehatan.

Program Studi Administrasi Kesehatan mendelegasikan 10 mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2019 dan 2020, untuk membantu pelaksanaan kegiatan tersebut. 10 mahasiswa tersebut adalah Al Dina Yuliyana, Rita Amelia Putri, Nofita Sari, Dena Nur Rahmantika, Feiza Rizqita Jayadilaga, Dewi Sri Rahayu, Laili Anisyah M., yang ditugaskan untuk membantu penginputan data peserta, sedangkan Wahyu Eko Giri Kusumo, Lutfiana Nur Rahma, dan Yuliana, berada di bagian registrasi.

“Menjadi relawan pada acara kemarin sangatlah menyenangkan, karena bisa menambah wawasan seputar kesehatan, khususnya terkait vaksin,” ungkap Wahyu Eko Giri Kusumo yang merupakan salah satu relawan mahasiswa Adminkes angkatan tahun 2020, saat ditanya terkait kesan selama menjadi relawan vaksinasi. Tidak hanya Wahyu, relawan mahasiswa Adminkes lainnya juga mengaku senang saat mendapat kesempatan menjadi relawan dan menyelesaikan tugas tanpa kendala yang berarti. Karena selain dapat menambah pengalaman sebelum terjun ke dunia kerja, menjadi relawan juga membuat mereka bisa memperluas relasi, dan mengasah kemampuan dalam kerja sama tim.

Sebagian besar mahasiswa yang terlibat menjadi relawan dalam program tersebut, memang mendapat jobdesk sebagai administrator. Hal tersebut makin menegaskan bahwa seorang administrator sangatlah dibutuhkan dalam sektor kesehatan, karena berkaitan erat dengan proses pengelolaan data.

Sebagai informasi tambahan, program vaksinasi kedua akan dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2021, di lokasi yang sama. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi akun Instagram @hima_adminkes_unisvet.

Kontributor: Al Dina Yuliyana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.